2021-02-23

BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan melanjutkan pendampingan para peternak sapi di Kabupaten Tanah Laut

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

#Ceritahariini #kabarinovasiteknologipertanian

BPTP Balitbangtan Kalimantan Selatan melanjutkan pendampingan yang dimulai tahun 2019 bagi para peternak sapi di Kabupaten Tanah Laut melalui kegiatan Small Research Activities (SRA). Kegiatan SRA pada tahun ini fokus dalam penyediaan pakan berbasis sumber pakan lokal yaitu limbah tanaman pangan. Para peternak umumnya juga merupakan petani jagung, sehingga konsep integrasi antara ternak dengan tanaman yang sudah lama dikenal oleh masyarakat sangat tepat diterapkan. 

Pada tahun ini, pendampingan tidak hanya fokus pada inovasi teknologi pakan namun juga upaya integrasi ternak sapi dengan  tanaman jagung dan padi melalui pemanfaatan pupuk kandang dari kotoran sapi dalam budidaya tanaman padi dan jagung.

Demplot teknologi jagung akan dilakukan di Desa Bumi Asih Kecamatan Panyipatan dan Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang dengan luas 1.0 ha di setiap lokasi. Sedangkan demplot teknologi padi sawah akan dilakukan di Desa Kuringkit Kecamatan Panyipatan dengan luas 1.0 Ha. Varietas jagung dan padi yang akan ditanam disesuaikan dengan pilihan petani. Untuk varietas padi petani memilih varietas Inpari 30 dan 32, serta berkeinginan juga untuk menanam Inpari 42 dan Inpari Nutri Zinc. 
Sebagai langkah persiapan telah dilakukan persiapan lahan di tiga lokasi demplot.

Sub Sektor : Sapi
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan : PENDAMPINGAN PETERNAK SAPI
https://www.facebook.com/101319141693183/posts/217579506733812/