2021-04-01

Giat Kerjasama DKP Prov dengan BPTP Kalsel

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalimantan Selatan menggandeng BPTP Kalimantan Selatan dalam Giat Koordinasi Sinkronisasi dan Evaluasi Kegiatan Konsumsi KRPL/P2L Tahun 2021. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi mengenai Pelaksanaan P2L kepada para kelompok penerima manfaat bantuan P2L di kabupaten/kota dari Kementerian Pertanian melalui DKP Prov.

Pada Senin (29/3) giat dilaksanakan di Kota Banjarbaru bertempat di Aula DKP3 Kota Banjarbaru. Peserta terdiri dari wakil kelompok penerima manfaat di Kota Banjarbaru sebanyak 15 kelompok yang terdiri dari 11 kelompok penumbuhan (baru) dan 4 kelompok pengembangan (lanjutan).

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Ir. Hj. Siti Hamdah, MP. dalam sambutannya memberikan arahan kepada para peserta penekanannya pada penggunaan dana bantuan harus disesuaikan dengan juknis pelaksanaan P2L dan dapat dipertanggungjawabkan secara administrasi/keuangan. Ditambahkan oleh Jhon Hendra, SP.,M.Si dari BKP Kementrian Pertanian, 4 komponen P2L yang utama harus dipenuhi oleh kelompok yaitu, (1) Adanya rumah bibit sbg sarana pembibitan, untuk dapat menyediakan minimal 10.000 bibit sayuran dan disalurkan kepada 30 org anggota kelompok dengan asumsi 3 kali panen. (2) Demplot budidaya sayuran yang berorientasi pasar, agar hasil penjualan produksi demplot dapat digunakan kembali untuk membeli saprodi guna menjaga keberlanjutan kegiatan P2L. (3) Penanganan pascapanen segar untuk meningkatkan nilai tambah produk, terutama untuk produk yang dipasarkan, dan (4)

Pertanaman budidaya sayuran di lahan pekarangan anggota tujuannya: sebagai penyedia sumber pangan yang bergizi dan bernilai ekonomi terutama untuk keluarga, aksebilitas pangan keluarga, dan sebagai sumber pendapatan keluarga.

BPTP Kalsel sebagai pendamping pelaksanaan kegiatan P2L di Kalsel, pada pertemuan ini menyampaikan Kiat Kiat menjadi Kelompok Pelaksana P2L yang ideal, disampaikan oleh Ir. Yanuar Pribadi, M.Si (penyuluh BPTP Kalimantan Selatan) berdasarkan pengalaman mendampingi banyak kelompok pelaksana KRPL/P2L di Provinsi Kalimantan Selatan. Dengan penyampaian berdasarkan pengalaman tersebut diharapkan bisa menjadi informasi atau pelajaran bagi kelompok baru agar dapat menjadi kelompok yang ideal dan "lestari" dalam pelaksanaan program P2L sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Pertemuan koordinasi pelaksanaan P2L tahun 2021 di Kalsel yang diselenggarakan Dinas Ketahanan Pangan Prov.Kalsel akan dilanjutkan kembali di kabupaten/kota lainnya dengan melibatkan BPTP Kalsel.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan : P2L
https://www.facebook.com/101319141693183/posts/240256257799470/