2021-04-01

PRAKTIK CARA TANAM JARWO DISAMBUT ANTUSIAS PESERTA BIMTEK

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

Varietas Unggul Baru (VUB) tanaman padi yang seringkali dilekatkan dengan sifat keunggulan yang dimilikinya seperti produksi tinggi, lebih tahan/resisten terhadap penyakit tertentu, toleran terhadap kondisi lahan tertentu, atau keunggulan lainnya telah menjadi daya tarik bagi petani Desa Tambak Danau dan Desa Pematang Hambawang, Astambul, Kabupaten Banjar. Rasa ingin tahu inilah yang mendorong mereka untuk mendengarkan dan menyimak paparan Ir. Fakhrina, M.Si (Wakil Manajer Umum UPBS BPTP Kalimantan Selatan) melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) “Pengenalan Beberapa Varietas Unggul Baru (VUB) tanaman padi dan Sistem Tanam Jajar Legowo 2:1” di Desa Pematang Hambawang pada hari ini (25/03). Diantara jenis varietas yang dijelaskan oleh narasumber, yaitu Inpari 32 HDB, Inpari 42 Agritan GSR, Inpari IR Nutri Zinc. Menurut salah satu ketua kelompok tani yang juga menjadi peserta bimtek ini bahwa umumnya petani setempat hanya mengenal dan mengusahakan padi lokal jenis siam. Sebagian kecil saja yang sudah pernah mencoba menanam padi unggul pada Program Serasi beberapa waktu yang lalu.

Materi kedua pada bimtek ini disampaikan oleh Ir. Yanuar Pribadi, M.Si (koordinator penyuluh BPTP Kalsel) tentang sistem tanam jajar legowo 2:1. Materi ini juga menarik perhatian peserta karena dengan hanya mengatur jarak tanam tertentu (jarwo 2:1), dapat menghasilkan produksi padi yang lebih tinggi dibandingkan dengan cara tanam (tegel) yang biasa dilakukan petani setempat selama ini. Untuk menambah pemahaman tentang cara tanam jarwo, setelah pemaparan materi ini dilanjutkan dengan praktik menanam padi dengan sistem jajar legowo 2:1. Pratik dilakukan di lahan petani dengan menggunakan alat bantu berupa tali. Para peserta merasa senang dan puas karena dapat mencoba sendiri menanam padi sistem jajar legowo. Selesai kegiatan bimtek, beberapa petani menyatakan keinginannya untuk mencoba menanam padi dengan cara jajar legowo 2:1 pada luasan lahan yang terbatas.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala BPP dan para penyuluh pertanian di wilayah kerja BPP Astambul, serta 23 orang petani dari dua desa, yaitu Desa Pematang Hambawang (Kelompoktani Limbuhang dan Kelompoktani Mawar Merah) dan Desa Tambak Danau (Kelompoktani Berkat Cangkal, Halatung dan Suka Kerja). Para penyuluh dan petani yang hadir pada bimtek ini berharap dengan pelaksanaan kegiatan ini secara nyata dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan petani terhadap teknologi budidaya padi khususnya tentang varietas dan pengaturan jarak tanam yang dapat meningkatkan produktivitas, yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : JARWO SUPER
https://www.facebook.com/101319141693183/posts/237691338055962/