2021-04-01

Bimtek Inovasi Teknologi Padi Rawa Pasang Surut,

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

Rabu, (24/3), bertempat di BPP Mandastana, Kabupaten Barito Kuala, BPTP Kalimantan Selatan melaksanakan Bimtek Inovasi Teknologi Padi Rawa Pasang Surut, dengan peserta sebanyak 30 orang petani perwakilan Kelompok Tani di Desa Tabing Rimbah, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala

Materi yang disampaikan antara lain mengenai Budidaya Padi Rawa Pasang Surut oleh Khairatun Napisah, SP., M.Sc., Perbenihan Padi oleh Ir. Fakhrina MSi., serta Pengendalian OPT oleh Ir. Rina D.N., M.Si. Kepala BPP Mandastana, Iman Supeno dalam sambutannya mengharapkan dengan adanya bimtek ini, petani Desa Tabing Rimbah tidak hanya mengenal padi lokal saja tetapi juga padi varietas unggul, memahami cara budidayanya dan berminat untuk menjadi petani penangkar.

Pada kesempatan bimtek, diperkenalkan oleh narasumber terkait padi VUB Baroma yang merupakan padi basmati yang beraroma dan VUB Inpari Nutrizinc yang diunggulkan sebagai padi untuk mengurangi kondisi Stunting pada anak, yang mana angkanya cukup tinggi di Indonesia. Selain itu juga disampaikan mengenai kegiatan Unit Pengelola Benih Sumber (UPBS) BPTP Kalimantan Selatan sebagai salah satu lokasi untuk memperoleh benih padi varietas unggul, sebagai respon terkait pertanyaan petani tetang kendala mereka memperoleh benih VUB jika ingin membudidayakan padi varietas unggul. Kendala lain yang disampaikan petani pada saat sesi diskusi yaitu waktu panen yang bersamaan dengan kondisi air di lahan yang cukup tinggi yang mengakibatkan kualitas beras kurang baik. Penggunaan pengering atau penyediaan fasilitas penjemuran yang memadai barangkali dapat menjadi salah satu solusi mengatasi masalah ini.

Sub Sektor : Padi
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : UPBS
https://www.facebook.com/101319141693183/posts/235631001595329/