2020-06-30

Pemanfaatan Ubi Jalar Sebagai Olahan Pangan Kekinian

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

Ubi jalar (Ipomoea batatas L.) atau ketela rambat merupakan salah satu tanaman umbi yang tinggi akan kandungan karbohidrat. Terdapat beberapa jenis ubi jalar yang sudah dikenal dipasaran seperti ubi jalar ungu, oranye, kuning, dan putih. Daging ubi jalar putih dan ungu biasanya lebih padat dan kering, sedangkan daging ubi jalar oranye dan kuning lebih lunak dan mengandung kadar air yang lebih tinggi. Ubi jalar mengandung nilai nutrisi yang baik bagi tubuh. Komponen karbohidrat yang terkandung dalam ubi jalar tergolong jenis Low glycemix Index (LGI 51), yaitu jenis karbohidrat yang jika dikonsumsi tidak akan menaikkan kadar gula darah secara drastis. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin (vitamin A dan C) dan mineral (fosfor, besi, kalsium) yang tinggi serta betakaroten yang memungkinkan makanan ini bermanfaat dalam mencegah kanker. Dalam 100 gram ubi jalar, mengandung 123 kalori yang dapat memberikan rasa kenyang dalam jumlah yang relatif sedikit.

Hingga saat ini, di Kalimantan Selatan, ubi jalar pada umumnya masih menjadi olahan pangan tradisional yang dihidangkan dalam sajian kolak ataupun hanya direbus dan digoreng. Semakin maraknya usaha dibidang kuliner saat ini, terjadi pergeseran tren kuliner yang mengakibatkan bekurangnya minat untuk mengkonsumsi pangan tradisional. Salah satu cara agar makanan tradisional tetap dinikmati anak-anak zaman sekarang adalah dengan melakukan inovasi pengolahan pangan yaitu menggunakan bahan pangan lokal sebagai bahan baku olahan pangan kekinian. Ubi jalar adalah salah satu bahan pangan lokal yang mudah ditemui disetiap daerah yang dapat menjadi bahan olahan pangan kekinian.

Salah satu contoh panganan kekinian yang digemari saat ini adalah churros. Churros merupakan kue kering yang berasal dari Meksiko yang terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasar utama. Panganan ini dibuat dengan cara digoreng. Churros dibuat berbentuk panjang dan disajikan dengan taburan gula dan kayu manis bubuk ataupun dicelup dalam saus coklat. Inovasi pemanfaatan bahan lokal seperti ubi jalar ini dapat menggantikan penggunaan tepung terigu sebagai bahan dasar utama. Cara membuat churros berbahan baku ubi jalar adalah sebagai berikut:

1.  Siapkan 1 kg ubi jalar, kukus hingga lunak kemudian kupas kulitnya.

2.  Siapkan 180 gram tepung beras

3.  Campurkan ubi jalar yang sudah dikupas dengan tepung beras

4.  Tambahkan garam 1 sdt, 3 buah kuning telur dan air ± 250 – 300 ml, kemudian aduk semua campuran sampai menyatu dengan baik

5.  Masukkan adonan kedalam spuit kemudian cetak memanjang

6.  Goreng adonan yang telah dicetak hingga berwarna kuning keemasan.

7.  Taburi dengan gula dan kayu manis bubuk ataupun dengan saus coklat

Dengan pemanfaatan bahan pangan lokal seperti ubi jalar, diharapkan dapat membantu mengurangi ketergantungan konsumsi akan tepung terigu. Selain itu, diversifikasi olahan pangan ini juga diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah ubi jalar sebagai bahan pangan lokal Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan.

Sub Sektor : Umbi-umbian
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan : PASCA PANEN UBI JALAR
http://kalsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=859:administrator&catid=14:alsin&Itemid=43