2020-06-30

BPTP Kalimantan Selatan Terus Melakukan Pembinaan Kelompok Tani di Tengah Pandemi

BPTP KALIMATAN SELATAN
...

Dengan mengikuti protokol kesehatan covid-19, kegiatan pendampingan teknologi peternakan pada Kelompok Budidaya, Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut terus dilakukan di tengah Pandemi. Sektor pertanian merupakan satu dari tujuh sektor krusial yang dituntut tetap berjalan untuk menjamin ketersediaan pangan masyarakat. Kelompok Budidaya memiliki anggota sebanyak 40 orang yang aktif dalam usaha budidaya peternakan khususnya sapi dan usaha budidaya jagung. Teknologi yang sudah diintroduksikan pada Kelompok ini meliputi: teknologi pembuatan pakan sapi dengan pabrik mini, teknologi pembuatan pupuk organik dan teknologi biourin.

Tim Pengkajian BPTP Kalimantan Selatan  melakukan diskusi mengenai  kegiatan ACIAR dengan anggota Kelompok Budidaya bertempat di Kandang Kelompok pada hari Rabu  (24/06) yang lalu. Kegiatan demplot sapi di Kelompok Budidaya ini telah berlangsung sejak Oktober 2019 sehingga diperlukan evaluasi lebih lanjut, terutama saat pemberian pakan konsentrat/tambahan sapi oleh peternak yang masih belum maksimal.

Untuk kegiatan demplot yang akan datang perlu dilakukan  pemberian formulasi pakan yang lebih baik dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan ternak sapi. Selain itu, diperlukan juga  pengembangan pengolahan pupuk organik padat (kotoran sapi) dan pupuk organik cair (biourine) untuk uji coba/demplot dengan mengaplikasikan pupuk ke tanaman seperti jagung dan tanaman lainnya. Pengaruh pakan tambahan yang telah diberikan terhadap produksi ternak belum terukur secara empiris. Begitu pula dengan pengaruh pemberian pupuk organik padat dan biourin terhadap tanaman juga masih perlu dikaji.

Diharapkan adanya demplot ini dapat menunjukkan kepada petani/peternak mengenai seberapa besar pemberian POC bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia dan bagaimana perkembangan tanaman yang mendapat perlakuan tersebut. Berdasarkan hasil diskusi, petani sepakat untuk mengadakan demplot uji coba teknologi. Semua teknologi introduksi akan dikaji untuk mendapatkan teknologi yang terbaik dan menguntungkan. Teknologi ini  akan terus didorong untuk mengarah ke komersialisasi dan industri.

Kegiataan pembinaan kelompok juga dihadiri oleh instansi terkait, diantaranya Penyuluh BPP Tambang Ulang, Kepala Desa Pulau Sari, Perwakilan dari Disbunnak Provinsi Kalimantan Selatan, dan Disnak Keswan Kab. Tanah Laut. Semua instansi mempunyai komitmen bersama untuk meningkatkan pembinaan daan pemberdayaan kelompok tani.

Sub Sektor : Sapi
Komoditas : Peternakan
Teknologi yang Digunakan : PAKAN SAPI POTONG, BIOURIN, KOMPOS
http://kalsel.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=903:administrator&catid=4:info-aktual